Kilas Sejarah Sekolah
SMP Negeri 1 Dramaga asalnya
bernama SMP Negeri 1 Ciomas yang merupakan kelas jauh dari SMP Negeri 1 Kotamadya Bogor yang mulai dibuka pada tahun pelajaran 1978/1979 dengan jumlah siswa sebanyak 167 orang yang terbagi dalam 3 rombongan belajar. Karena belum memiliki gedung sendiri, sementara menumpang di SD Negeri 1 Dramaga (Sekarang SD Negeri 1 Margajaya). Baru pada tahun 1979 dibangunlah gedung SMP baru di tanah milik IPB seluas 6740 m2 yang berlokasi di Jalan Babakan Dramaga kecamatan ciomas saat itu dengan SK Mendikbud RI Nomor : 0188/O/1979 tanggal 03 September 1979
Pada mulanya Gedung Baru tersebut memiliki beberapa ruang, yaitu :
Ruang Belajar : 6 ruang
Ruang Guru : 1 ruang
Ruang Perpustakaan : 1 ruang
Ruang Laboratorium IPA : 1 ruang
Ruang Tata Usaha : 1 ruang
Ruang Kepala Sekolah : 1 ruang
Ruang OSIS : 1 ruang
Ruang PMR/UKS : 1 ruang
Bangunan tersebut mulai diisi secara resmi tanggal 01 April 1980 sejak saat itu siswa sudah belajar di gedung sendiri. Kemudian pada Tanggal 03 Juli 1997 SMP Negeri 1 Ciomas berubah nama Menjadi SMP Negeri 1 Dramaga dengan SK Nomor : 034/01/1997
VISI
TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK yang UNGGUL kreatif, demokratif, inovatif berbasis kearifan lokal dan lingkungn hidup dengan dilandasi IMTAQ serta IPTEK
MISI
- Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
- Menjuarai berbagai prestasi akademik dan non akademik melalui OSN, O2SN, FLS2N dan pentas PAI di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional
- Menumbuhkan kreatifitas peserta didik melalui kewirausahaan dan pengembangan diri/ekstrakulikuler yang terarah dan terencana dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ramah lingkungan
- Membekali peserta didik dan menanamkan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya dan menciptakan karya inovatif yang Å prestasi siswa
- Membentuk karakter profil pelajar pancasila
- Meningkatkan sekolah berwawasan lingkungan yang aman, nyaman, bersih, dan asri sebagai tempat serta pengelolaannya secara optimal untuk kepentingan peserta didik